• SDIT AT TAUBAH
  • Tiada hari tanpa belajar, tiada hari tanpa prestasi.

Berlian Day 12 : Keutamaan Membaca Al-Qur’an Selama Ramadhan

Pada bulan Ramadhan Allah memberikan promo pahala besar-besaran dari setiap amal kebaikan termasuk membaca Alquran. Sebagaimana sabda nabi “ semua amalan anak adam akan dilipatgandakan (balasannya), satu kebaikan akan dibalas 10 sampai 700 kali lipat”(H.R.Muslim)

Bulan Ramadhan disebut juga dengan syahrul quran atau bulannya Alquran. Sebab, di bulan suci Ramadhan Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat jibril.

Allah SWT berfirman :

وَالْفُرْقَانِ الْهُدَى مِنَ وَبَيِّنَاتٍ لِلنَّاسِ هُدًى الْقُرْآنُ فِيهِ أُنْزِلَ الَّذِي رَمَضَانَ شَهْرُ

Artinya: Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang batil. (QS. Al Baqarah: 185).

“Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan umat manusia sebagai mukjizat. Al-Qur’an juga menjadi bukti yang tak terbantahkan akan kebenaran Nabi Muhammad sebagai Rasulullah sekaligus kebenaran Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin.

Saat bulan Ramadhan, Nabi Muhammad Shollawallahu Alaihi Wasallam sebagai panutannya umat muslim selalu mengkhatamkan Al-Qur'an yang langsung diajarkan oleh malaikat Jibril.

Oleh karena itu dianjurkan bagi umat muslim minimal sekali menghatamkan Al-Qur’an dalam bulan Ramadhan, karena tadarus atau membaca Al Quran merupakan salah satu amalan yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Lantas, apa saja keutamaan tadarus Al-Qur`an selama bulan Ramadhan?

1. Pahala berlipat

Al-Quran itu memang lain dari wahyu yang lain. Salah satu kelebihannya adalah bila dibaca, meski tidak dipahami maknanya, Al Quran tetap mendatangkan pahala yakni diberi pahala per huruf.

Sebagaimana dalam hadist disebutkan, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf,” (HR.At-Tirmidzi)”

Sementara bagi umat Islam yang belum lancar dalam membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an, Allah SWT tetap berikan dua pahala.

Rasulullah SAW bersabda, “Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala,” (HR. Bukhari Muslim).

Sungguh pahala yang luar biasa jika mampu menghatamkan Al-Qur’an lebih dari satu kali

2. Obat penyakit fisik dan hati

Al-Qur`an diturunkan sebagai obat segala macam penyakit kejiwaan. Sehingga tadarus Al-Qur`an selama bulan Ramadhan juga dapat menjadi obat bagi penyakit hati dan fisik. Allah SWT berfirman: "Dan Kami turunkan di dalam Al-Qur`an suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS al-Israa: 82)

3. Rumah menjadi bercahaya

Rutin membaca Al-Qur`an juga membuat rumah akan terasa tenang dan damai. Bahkan, membaca Al-Qur`an bisa membuat rumah menjadi lebih bercahaya. Dalam riwayat at-Tirmidzi juga terdapat sebuah hadis yang berbunyi: "Sesungguhnya setan tidak akan masuk ke rumah yang dibaca di dalamnya surat Al-Baqarah."

Sementara itu, Rasulullah SAW bersabda: "Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati."

4. Dihadiri Malaikat

Tadarus Al-Qur`an tidak hanya membuat rumah menjadi tenang dan damai. Seseorang yang rutin membaca Al-Qur`an selama bulan Ramadhan di rumahnya biasanya akan dihadiri oleh malaikat. Penghuni rumah akan merasakan bahwa rumahnya menjadi luas.

Bahkan jika mampu menghatamkan Al-Qur`an maka malaikat akan mengamini dan memohonkan ampun untuknya sebagaimana dalam hadist,  “Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Quran, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya” (HR. Ad-Dailami).

5. Mendapatkan pertolongan di Hari Kiamat

Keutamaan membaca Al-Qur`an juga disebut akan memberikan kemuliaan, yakni mendapatkan syafaat atau pertolongan pada hari Kiamat. Dalam hadist disebutkan, nantinya Al-Qur`an akan datang dan bersaksi pada Allah SWT untuk umat manusia yang rajin membacanya. "Bacalah bait Al-Qur`an, karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya,"  (HR. Muslim)

Amalan dan kebaikan yang bisa dilakukan pada bulan Ramadhan bukan hanya rutin membaca Al-Qur`an. Bersekedah dan membayar zakat juga bisa dilakukan untuk memperoleh kebaikan. Di bulan suci Ramadhan ini, mari perbanyak amalan agar meraih kemuliaan dan keberkahan beribadah.

Referensi:

https://baznas.go.id/artikel/baca/Keistimewaan-Membaca-Al-Qur%60an-di-Bulan Ramadhan/101(24/3/2003,8:26)

Komentar

At Taubah the best

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H Warnai Awal Masuk Sekolah Siswa-siswi SDIT At Taubah

Rabu (17/04/2024) bertepatan dengan 8 Syawal 1445 H, seluruh guru dan siswa/i SDIT At Taubah sudah mulai melaksanakan kegiatan sekolah seperti biasanya. Hari pertama masuk sekolah sete

17/04/2024 13:02 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 57 kali
Day 30 Safir : Amalan-amalan yang dilakukan di Hari Raya Idul Fitri

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته بسم الله "الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ

05/04/2024 05:21 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 119 kali
Day 26 Safir : Renungan Menjelang Idul Fitri

Assalamualaikum, wr.wb... Hai.., Sahabat Safir. Gimana kabarnya hari ini? Masih semangat berpuasa toh? Alhamdulillah, kita hampir mendekati garis finish bulan Ramadhan, bulan yang sel

05/04/2024 04:57 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 226 kali
Day 24 Safir : 3 Keutamaan Bulan Ramadhan yang Sering Dilupakan

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السّ

03/04/2024 21:08 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 118 kali
Ifthar Jama'i Ramadhan 1445 H Keluarga Besar Yayasan Wakaf At Taubah Batam : Rekatkan Silaturahim, Akrabkan Ukhuwah dan Raih Berkah Ramadhan

Ifthar Jama’i keluarga besar Yayasan Wakaf At Taubah Batam Selasa, 02 April 2024 di Halaman Masjid At Taubah dengan Tema "Rekatkan Silaturahim, Akrabkan Ukhuwah dan Raih Berkah Ra

03/04/2024 05:00 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 122 kali
Berbagi Kebahagiaan, SDIT At Taubah Salurkan Santunan Anak Yatim,Piatu dan Dhuafa' Untuk Siswa-siswi Level 1-6

Dalam rangka merayakan kemuliaan Bulan Suci Ramadhan, SDIT At Taubah mengadakan kegiatan penyaluran santunan kepada para yatim dan dhuafa bagi siswa-siswi kelas 1-6. Kegiatan ini dibagi

02/04/2024 12:12 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 104 kali
Simulasi Shalat Idul Fitri 1445 H Seluruh Siswa-siswi SDIT At Taubah Berlangsung Khusyuk dan Khidmat

Tidak terasa puasa Ramadhan hampir selesai, Liburan hari Raya idul Fitri sudah diujung mata, Siswa-siswi SDIT At Taubah  menyambut datangnya hari kemenangan setelah satu bulan berp

02/04/2024 11:49 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 98 kali
Day 22 Safir : Malam-Malam Terbaik Dalam Setahun

Terang purnama bulan Ramadhan sudah melewati puncaknya. Kini sabit rembulan di akhir Ramadhan akan segera hadir, mengantarkan bulan Ramadhan menuju penghabisannya. Dalam hitungan hari,

02/04/2024 06:20 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 104 kali
Day 20 Safir : Mengungkap Misteri Malam Lailatul Qadar

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ  Keutamaan Lailatul Qadr : Malam Lailatul Qadr memiliki keutamaan yang tak terhingga dalam Islam. Da

30/03/2024 23:50 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 171 kali
Pembagian Raport PTS/STS Genap Seluruh Siswa-siswi Level 1-6 SDIT At Taubah Berjalan Khidmat dan Lancar

Alhamdulillah pelaksanaan Ujian Penilaian Tengah Semester (UPTS) yang dilaksanakan dari tanggal 01-07 April 2024 telah usai. Kini saatnya siswa-siswi level 1-6 menerima Rapor Penilaian

29/03/2024 09:51 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 87 kali