• SDIT AT TAUBAH
  • Tiada hari tanpa belajar, tiada hari tanpa prestasi.

Day 20 : Mengindahkan Puasa Kita

Pelaksanaan ibadah puasa tidaklah berdiri sendiri, namun terkait dengan beberapa ibadah yang lain. Diantaranya adalah ibadah zakat.

Orang yang Berhak Menerima dan Syarat Berzakat

Dilihat dari sisi turunnya bahwa baik perintah ibadah puasa (ramadhan) dan perintah mengeluarkan zakat (fitrah) sama-sama terjadi di tahun ke-2 hijriah. Keterkaitan ibadah zakat fitrah dengan ibadah puasa tercermin dari hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas :

Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah, untuk membersihkan orang yang berpuasa dari omongan yang tidak ada manfaatnya dan omongan kotor, serta untuk memberi makanan kepada orang-orang miskin.’ (HR. Abu Daud, Al-Hakim).

Hal ini menunjukkan bahwa ibadah zakat (fitrah) tidak hanya berfaedah membersihkan ibadah puasa dari kotoran-kotoran lisan dan jiwa, akan tetapi juga untuk mencukupi kebutuhan makan orang-orang miskin.

Disabdanya yang lain, Rasulullah tegaskan, ’Cukupkanlah mereka pada hari itu.’ (HR. al-Baihaqi, Ad-Daruqutni). Maksudnya, diakhir pelaksanaan ibadah puasa ramadhan disyareatkan menunaikan kewajiban zakat fitrah untuk mencukupkan kebutuhan orang-orang miskin pada hari raya Idul Fitri. Inilah syareat Islam yang agung dimana disaat puncak pelaksanaan ibadah puasa yaitu dihari perayaan Idul Fitri, kita diminta untuk tidak melupakan orang-orang miskin bahkan mewajibkan untuk mengeluarkan bagian dari harta kita untuk orang-orang miskin.

Selain perintah zakat yang wajib, kita juga diminta untuk memperbanyak sadaqah, wakaf, infaq dan santunan kebajikan lainnya terlebih di bulan ramadhan ini. Kenapa? Karena ibadah-ibadah yang mendekatkan kita kepada Allah (taqarrub ilallah) dibalas pahalanya seperti melaksanakan ibadah wajib.

Sebagaimana sabdanya yang diriwayatkan oleh sahabat Salman Al-Farisi :

'Barang siapa yang mendekatkan diri di dalamnya dengan melakukan amalan sunnah maka seperti orang yang melakukan amalan fardlu pada bulan lainnya.Dan barang siapa yang melakukan amalan fardlu di dalamnya maka seperti orang yang melakukan tujuh puluh amalan fardlu di dalamnya maka seperti orang yang melakukan tujuh puluh amalan fardlu pada bulan lainnya. Ia merupakan bulan kesabaran, sedangkan pahalanya sabar adalah surga.  Ia adalah bulan kasih sayang. Dan bulan saat rizki orang mukmin ditambahkan. Barang siapa pada bulan tersebut memberi makanan/minuman untuk berbuka kepada orang yang berpuasa maka itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya, pembebasan bagi dirinya dari api neraka, dan baginya pahala yang sama dengan pahala orang yang diberi makanan/minuman tersebut, dengan tanpa mengurangi pahala orang itu sedikitpun' (HR. Ibnu Hibban, Ibnu Majah, Al-Baihaqi).

Pahala Berlipat Ganda Dengan Sedekah - Lembaga Amil Zakat Nasional -  Mandiri Amal Insani Foundation

Memperbanyak sadaqah dimana salah satunya dengan memberikan makan kepada orang yang berpuasa, maka Allah berikan pahalnya sebagaimana orang yang berpuasa, dan Allah juga berikan sebagaimana pahala ibadah wajib. Demikian juga dengan infaq yang sunnah, seperti memberikan santunan kepada anak-anak yatim, dhuafa dan sejenisnya. Hal ini selain untuk melaksanakan perintah Allah memuliakan anak-anak yatim dengan tidak menghardiknya yaitu dengan menyantuninya serta mencukupi kebutuhannya.

Sebagaimana perintah Allah SWT di dalam QS. Al-Ma’un [107]:1-7 :

'Tahukah kamu (orang yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang solat, (iaitu) orang-orang yang lalai dari solatnya; orang-orang yang berbuat riya, dan enggan (menolong dengan) barang berguna.’

Gambar Pria Muslim Memberikan Sedekah Kepada Wanita Muslim, Orang Orang,  Muslim, Islam PNG dan Vektor dengan Background Transparan untuk Unduh Gratis

Sangat jelas bahwa orang-orang yang tidak peduli dengan anak-anak yatim serta tidak memberi makan orang-orang miskin, Allah golongkan sebagai pendusta agama. Meskipun yang tampak adalah sebagai muslim, sesungguhnya mereka adalah ‘pendusta agama’. Naudzubillah. Mari, indahkan puasa kita di bulan ramadhan ini dengan menyantuni anak-anak yatim dan orang-orang miskin.

Wakaf Uang dalam Perekonomian

Ibadah sunnah lainnya adalah wakaf. Wakaf adalah ibadah sunnah yang kepemilikannya dan kemanfaatannya dikembalikan kepada kaum muslimin.

Ibadah wakaf ini bersandar kepada Al-Qur’an Surat Ali Imran: 92

'Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna) sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya allah mengetahui.’ Di dalam hadistdisebutkan, Dari Ibnu Umar, ia berkata: ‘Umar mengatakan kepada nabi SAW, saya mempunyai seratus dirham saham di Khaibar. Saya belum pernah mendapat harta yang paling saya kagumi seperti itu. Tetapi saya ingin menyedekahkannya. Nabi SAW mengatakan kepada Umar: Tahanlah (jangan dijual, dihibahkan, dan diwariskan) asalnya (modal pokok) dan jadikan buahnya sadaqah untuk sabilillah.’ (HR. Bukhari dan Muslim).

Yang menjadi prinsip di dalam ibadah wakaf adalah menahan pokok asalnya dan mengalirkan manfaatnya. Atas dasar inilah, saat ini digulirkan berbagai program wakaf produktif diantaranya adalah wakaf pembangunan masjid, pondok pesantren, rumah sakit, sarana-sarana publik lainnya. Selain itu juga ada wakaf umum lainnya seperti wakaf al-Qur’an, kitab-kitab hadist, pohon (penghijauan) dan lain-lain.

Wakaf Archives | Gerakan Minangkabau Berwakaf Yayasan Wakaf Saniangbaka  Berkah

Manfaat ibadah wakaf ini selain mengalir pahala amal jariahnya kepada pemberi wakaf itu sendiri atau disebut wakif, juga bermanfaat untuk untuk memperbesar aset-aset milik kaum muslimin diberbagai programnya baik pendidikan, kesehatan, sarana umum (public service), juga bisa di industry (pabrik) mulai dari hulu hingga hilir. Misal; wakaf rumah potong hewan, SPBU, mini market, pasar, lahan pertanian, perkebunan, perusahasn dll, Kepemilikan kaum muslimin dalam bentuk wakaf disektor ini belum banyak yang memulainya.

Senyampang bulan ramadhan, bulan dimana amal sunnah diberikan pahala sebagaimana amal wajib, dan tentu keberkahan yang Allah senantiasa limpahkan kepada orang-orang yang terus berkontribusi dengan memperbanyak amal shalih, maka program wakaf layak untuk didukung dan dipraktekkan oleh kita semua. Ibarat hewan peliharaan, wakaf adalah ‘angsa bertelor emas’. Mari kita siapkan angsanya agar telor-telor emasnya senantiasa bermanfaat untuk membangun kesejahteraan kaum muslimin. Insya’allah.

Demikianlah salah satu mengindahkan puasa kita, dengan memperbanyak amal-amal shalih diantaranya dengan zakat (fitrah), sadaqah, infaq, dan wakaf. Tentu, manfaatnya tidak hanya membersihnya ibadah puasa kita, tercukupinya kebutuhan orang-orang miskin, bertaburnya pahala atas amal-amal shalih kita, namun juga berdampak kepada bertambahnya aset-aset kepemilikan kaum muslimin. Semoga Allah mudahkan dan sampaikan. Amien.

Wallahu’alam bishawab.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pembagian Raport PTS/STS Genap Seluruh Siswa-siswi Level 1-6 SDIT At Taubah Berjalan Khidmat dan Lancar

Alhamdulillah pelaksanaan Ujian Penilaian Tengah Semester (UPTS) yang dilaksanakan dari tanggal 01-07 April 2024 telah usai. Kini saatnya siswa-siswi level 1-6 menerima Rapor Penilaian

29/03/2024 09:51 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 8 kali
Day 18 Safir : Shalat Tarawih Di Rumah Vs Di Masjid. Mana Yang Paling Utama?

Shalat tarawih merupakan shalat sunnah yang dianjurkan, dikarenakan shalat tersebut hanya bisa dikerjakan pada bulan yang mulia, yaitu Ramadhan. Selama kurang lebih satu bulan, umat

29/03/2024 05:44 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 25 kali
Kegiatan Safari Ramadhan yang di hadiri oleh Wakil Gubernur Prov. Kepri Ibu Hj. Marlin Agustina Rudi beserta Rombongan

                Assalamualaikum Wr Wb.    Kepada Yth :   1. Bapak KUA Batu Aji 2. Bapak Kapolsek Batu

27/03/2024 11:57 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 29 kali
Dongeng Ramadhan Ceria Bersama Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemendikbudristek yang Berkolaborasi dengan Kampung Dongeng Siswa-siswi Level 1 & 2 SDIT At Taubah

Suasana pagi hari di SDIT At Taubah tepatnya di Masjid At Taubah Lantai 2 begitu ceria dan penuh kegembiraan. Kak Ripay, salah satu Pendongeng dari Kampung Dongeng kota Batam, hadir de

27/03/2024 11:45 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 148 kali
Day 16 Safir : Tata Cara Tadarus Al-Qur'an Yang Asyik Di Bulan Suci Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahim,   ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ Annyeong bestie fillah semuanya.... Bagaim

27/03/2024 04:58 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 94 kali
Day 14 Safir : Tetap Produktif Selama Bulan Suci Ramadhan

Selama ini dikesankan bahwa puasa itu akan membuat fisik lemah, tidak kuat, konsentrasi berkurang sehingga kegiatan mesti dikurangi baik kegiatan belajar, sekolah, kantor dan juga produ

25/03/2024 05:31 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 90 kali
Day 12 Safir : Puasa Itu Proses Menghadirkan Allah SWT

Dalam Al-Qur'an, secara khusus Allah SWT memanggil orang-orang beriman untuk berpuasa : “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa”.(Al-Baqarah: 183).

23/03/2024 06:48 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 86 kali
Day 10 Safir : Ramadhan disebut juga Syahrul Qur’an, Syahrul Berkah dan Syahrul Maghfirah

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ Pembaca yang Mulia... Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa, bulan yang dir

21/03/2024 08:49 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 153 kali
Day 8 Safir : Jadikan Ini Ramadhan Terbaikmu

السلام عليكم و رحمة الله و بركا ته.بسم الله .الحمد لله .و الصلاة والسلام على رسول لله. لا حول ولا قوة إلا

19/03/2024 05:12 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 139 kali
Jalin Silaturahmi dan Sharing Program Tahfidz SDIT At Taubah Bersama Wali Murid Level 1-6 SDIT At Taubah

Bertempat Masjid At Taubah Lantai 2, SDIT At Taubah mengundang wali murid untuk hadir dalam Kegiatan Parenting TIM Tahfidz pada Sabtu, 16 Maret 2023. Tujuan dari kegiatan ini adalah un

16/03/2024 13:00 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 84 kali