• SDIT AT TAUBAH
  • Tiada hari tanpa belajar, tiada hari tanpa prestasi.

Cuci Tangan Dengan Sabun Dan Cairan Antivirus Bagian Dari Ibadah Kepada Allah Swt

Praktik hidup bersih dan sehat telah dipraktikkan oleh umat Islam sejak dulu. Nabi Muhammad bahkan memerintahkan para sahabatnya untuk selalu mencuci tangan. Misalnya, saat sebelum makan, setelah makan, saat bangun tidur, dan sebagainya (HR. Nasa’i no. 258, Muslim no. 278).  

Karena itulah, agama Islam adalah agama yang mengajarkan dan menekankan soal kebersihan. Nabi Muhammad bersabda:

الطُّهُورُ شَطْرُ الإِيمَانِ

Bersuci adalah sebagian dari iman (HR. Muslim no. 223).

Drg. R. Vensya Sitohang M. Epid, Direktur Kesehatan Lingkungan, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan menegaskan, menurut WHO mencuci tangan hanya dengan menggunakan air saja, dapat membunuh kuman sebanyak 10%. Tetapi, jika mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir itu dapat membunuh kuman sebanyak 80%.

Mencuci tangan merupakan senjata penting dalam melawan Covid-19 yang saat ini melanda Indonesia dan Dunia. Mencuci tangan dianggap sebagai salah satu temuan yang menyelamatkan paling banyak nyawa dalam sejarah umat manusia, berkontribusi pada lonjakan besar dalam harapan hidup global sejak dipopulerkan sekitar tahun 1850.

 

Mencuci tangan kita secara rutin bisa secara signifikan mengurangi risiko tertular infeksi saluran pernapasan seperti Covid-19

Mengapa sebagian dari kita begitu semangat mencuci tangan hingga rela membayar ratusan ribu rupiah untuk cairan penyanitasi tangan di saat kelangkaan, sementara yang lain begitu keras kepala sampai menyentuh sabun saja tidak mau?

Berbagai studi kasus menunjukkan bahwa perempuan jauh lebih rajin mencuci tangan daripada laki-laki; dalam salah satu penelitiannya, Aunger menemukan bahwa perempuan dua kali lebih mungkin untuk mencuci tangan di toilet-toilet jalan raya di Inggris.Dengan ini dapat diambil kesimpulan bahwa sebanyak 65% perempuan dan 52% laki-laki mencuci tangan secara rutin.

 

Motivasi untuk mencuci tangan dalam situasi tertentu, seperti melalui iklan dan papan pemberitahuan sangat diperlukan untuk membangun kesadaran manusia akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan.

Membangun kebiasaan adalah kunci agar orang-orang mau mencuci tangan setiap waktu. Saat ini,alasan ketika banyak orang tertarik untuk mencuci tangan adalah karena virus corona.

Thomas Gilbert, seorang profesor kimia dan biologi kimia di Northeastern University di Boston, Massachusetts, mengatakan susunan kimiawi virus corona dapat terganggu oleh sabun murah dan air hangat.

Adapun yang harus dilakukan setiap waktu yaitu membasahi tangan, menggunakan sabun dan menggosok tangan selama 20 detik untuk membersihkan semua sudut dan celah. Ada manfaat lain ini juga memungkinkan sabun menghilangkan materi virus.Dengan air hangat semua pertempuran melawan virus "akan sedikit lebih cepat".

Martin Michaelis, profesor ilmu molekuler di University of Kent di Inggris, mengatakan air saja tidak cukup untuk menonaktifkan virus.

"Ketika sisa minyak zaitun tertinggal di jari Anda saat memasak, sangat sulit untuk menghilangkannya hanya dengan air," katanya. "Anda butuh sabun.". (Dikutip dari Bbc.com)

Jadi, seberapa sering kita harus tetap mencuci tangan?

Pada awal pandemi, pemerintah Inggris menyarankan orang mencuci tangan setiap beberapa jam - meskipun faktanya sebagian besar penduduk terkurung di rumah mereka akibat aturan lockdown.

Mereka yang merawat seseorang yang menderita Covid-19 - atau terinfeksi virus lainnya - mungkin harus mencuci tangan lebih sering, terutama jika mereka bersentuhan dengan benda atau permukaan yang disentuh atau terkena batuk pasien yang terinfeksi.

 

Sabun menghancurkan lapisan luar lipid yang berminyak dari virus corona, menyebabkan materi genetik di dalam sel virus menjadi tidak aktif.

Jika berada di rumah sepanjang hari dan tidak ada 20 orang asing di rumah, maka tidak perlu mencuci tangan.

Makalah lain, yang dibuat oleh kandidat PhD Thi Mui Pham di Universitas Utrecht, menemukan bahwa mencuci tangan segera setelah bersentuhan dengan orang atau permukaan yang mungkin terinfeksi, jauh lebih efektif daripada mencuci tangan pada interval waktu tertentu.

Penggunaan cairan antivirus secara berlebihan bisa menyebabkan masalah untuk masa depan . Jika Anda terlalu banyak menggunakan cairan antibakteri yang tidak bekerja pada virus yang akhirnya terbuang di air limbah, maka ada potensi manusia akan kebal bakteri. Semua disinfektan lain yang digunakan selain sabun dapat menyebabkan lebih banyak masalah lingkungan dan menyebabkan lebih banyak masalah dengan resistensi bakteri di kemudian hari. Mencuci tangan, tentu saja, jauh lebih mudah bila Anda memiliki persediaan air yang cukup.

Semoga kita tetap istiqomah dalam mencuci tangan dan menerapkan standar protokol kesehatan di masa pandemi ini. Mari kita sama-sama berdo'a agar pandemi ini segera berakhir dan kita bisa menjalani kehidupan yang normal sebagaimana selayaknya. 

(Dikutip dari berbagai sumber)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Upacara Pramuka SDIT AT Taubah

SDIT At Taubah secara rutin setiap hari Rabu melaksanakan Upacara Pramuka.       Upacara pramuka berjalan dengan khidmat     Para petugas upa

11/08/2022 12:06 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 45 kali
Asyiknya Pembelajaran IPA : Mengenal Kerangka Tubuh Manusia

Assalamu'alaikum sobat setia pembaca setia web SDIT At Taubah.... Ada yang menarik nih ketika melihat aktivitas SDIT At Taubah taat mereka melaksanakan kegiatan belajar mengajar mata pe

10/08/2022 10:26 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 80 kali
Outing Class Level 1 SDIT At Taubah

Outing Class adalah salah satu program Kurikulum SDIT At Taubah, yang bertujuan untuk memberi keterampilan dan keahlian tertentu, serta untuk menumbuhkan kreatifitas peserta didik di al

05/08/2022 12:36 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 454 kali
Lomba MTQ SDIT At Taubah : Meriahkan Tahun Baru 1444 Hijriah

Bertepatan dengan momentum Tahun Baru Muharram 1444 H , SDIT At Taubah menyelenggarakan beragam rangkaian perlombaan salah satunya lomba MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) yang berl

05/08/2022 12:12 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 353 kali
SDIT At Taubah Sukses Laksanakan Upacara Bendera Senin Perdana

Wajah-wajah ceria siswa/i SDIT At Taubah berbaris tertib menuju lapangan upacara. Upacara bendera sebagai salah satu rutinitas yang dilaksanakan setiap hari Senin. Kegiatan ini berlangs

01/08/2022 09:16 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 428 kali
Kemeriahan Pawai Tahun Baru 1444 Hijriyah

SDIT At Taubah meriahkan tahun baru Islam tepatnya 1 Muharram 1444 H pada Sabtu,30 Juli 2022 M. Peringatan ini setiap tahunnya dilakukan dengan dengan berbagi kebaikan seperti pawai ber

30/07/2022 10:01 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 341 kali
Qurban Ceria 1443 H SDIT At Taubah

Assalamu'alaikum sobat setia pembaca setia web SDIT At Taubah.... Kali ini ada info menarik seputar Qurban Ceria di SDIT At Taubah loh... Hari Idul Adha merupakan salah satu hari raya b

28/07/2022 11:25 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 49 kali
Unity in Diversity Menjadi Tema Pentas Seni Dan Sains Tahun Pelajaran 2022/2023

"Unity in Diversity" Assalamu'alaikum Sobat setia pembaca web SDIT At Taubah... Apa kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal'afiat yaa,Aamiin.... Sobat semua,pernah deng

27/07/2022 12:14 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 772 kali
Peningkatan Pemahaman Orangtua Melalui Parenting

  Orang tua adalah "Guru Pertama" terhadap anak. Oleh karenanya, orang tua tetap menjadi prioritas utama dalam hal mengajar dan membentuk karakter anak. Membekali diri dengan berba

27/07/2022 09:58 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 33 kali
MOOT Walimurid Kelas 1 SDIT At Taubah Batam

Tahun pelajaran 2022-2023 telah dimulai. Pada tahun ini SDIT At Taubah telah dipercaya kembali oleh orang tua wali murid dalam mengemban amanah untuk mewujudkan generasi Islam yang sant

27/07/2022 09:40 - Oleh TIM MARCOM AT-TAUBAH - Dilihat 18 kali